MERAWAT MEMPERBAIKI DAN MERAKIT JAM

W.O.FOR.177 jam tangan fortuner wanita

Dalam tulisan ini yang dimaksud dengan keterampilan reparasi jam yaitu cara menganti baterai jam yang sudah habis , cara pengantian / pemasangan mesin jam, cara pemasangan tali / rantai jam, cara penggantian kaca yang pecah, termasuk juga cara perakitan jam tangan.

Ada berbagai jenis jam tangan, pertama jam tangan kita bedakan menjadi dua yaitu jam digital dan jam tangan manual.

Jam tangan manual juga dapat dibagi dua yaitu jam yang menggunakan tenaga baterai dan jam yang menggunakan tenaga kinetik.Semua jenis jam dapat direparasi akan tetapi reparasi tentu memperbandingkan antara harga jam dengan kos reparasi, jika kos reparasi tinggi dari harga jam maka tentu sebainya kita membeli jam yang baru. Apalagi sekerang banyak jam yang diprodusi secara masal dengan harga yang terjangkau sehingga jam bukan lagi barang mewah

Toko Jam Yang Menjual Jam dengan Harga Yang Terjangkau

akan tetapi produsen tertentu tetap memproduksi jam yang mewah ,berkualitas, dan diberi asesoris yang logam benda berharga seperti permata, lapis emas murni , jam sejenis ini jika rusak tentu pemiliknya cendrung untuk mereparasi. Dari sisi lain jam sebagai asesoris bisa menjadi sangat bernilai bagi pemiliknya misalnya jam pemberian dari seseorang, pemberian orang tua, atau pemberian orang tersayang, jam jenis ini biasanya pemiliknya bersedia memperbaiki bahkan tidak mempermasalahkan berapa biaya yang harus dibayar aslkan jamnya bisa rapi kembali. Contoh lain adakalanya konsumen teripu oleh pedagang jam yang nakal jam yang seharusnya harganya biasa tapi pembeli yang membeli jam di kounter di Mall memasang bandrol dengan harga tinggi misalnya jam seharusnya harganya Rp 25.000 dibandrol dengan harga Rp 450.000, komnsumen membeli dengan harga tinggi, maka sipemilik jam seperti ini akan mewanti – wanti tukan service dengan warning “ hati – hati bang ini jam mahal “, kondisi ini biasanya dimanfaatkan oleh tukang service untuk menarik ongkos service 10% dari harga yang beli pemilik jam tadi, padahal berdasarkan harga asli mungkin tidak begitu tinggi. Sebelum kita mengerjakan service jam tentu ada peralatan yang kita miliki jenis dan kualitas peralatan kita miliki akan menentikan keberhasilan kita dalam mengerjakan pekerjaan kita, segala peralatan itu dapat dibeli di toko yang menjual peralatan jam untuk lokasi Jakarta anda dapat membeli di pasar Senen atau toko-toko terdekat dikota anda, selain itu ada peralatan yang dapat dimodifikasi sendiri seperti pisau congkel dapat dimodifikasi dari pisau yang kita miliki, demikian juga peralatan lainya.

  1. ALAT DAN BAHAN

Keberhasilan dalam melaksanakan pekerjaan selain tergantung pada keahlian kita juga tergantung pada peralatan yang kita pergunakan jika peralatan seadanya pekerjaan cendrung dipaksakan dan hasilnya sering mengecewakan sebagai contoh ketika kita memasang tutup jam memasangnya ditekan dengan jari tangan tidak bisa lalu dipaksa akibatnya kaca jam akan pecah, karena itu perlu peralatan yang sesuai dengan fungsinya. Macam –  macam peralatan reparasi jam antara lain:

  1. pisau khusus pencongkel tutup jam, pisau ini terbuat dari logam yang kwalitas baik tapi tidak tajam, biasanya seorang tukang jam dapat menbeli pisau khusus atau mereka rekayasa sendiri dari pisau yang mereka miliki. Selain pisau juga dapat digunakan obeng min yang kecil digunakan jika tutup jam terpasang agak kencang atau tutup jam sudah berkarat.

Sekrup pembuka jam untuk jam yang pakai tutup ulir. Sekrup ini banyak jenisnya mulai dari yang sederhana sampai ke yang mewah, jenis sekrup pembuka jam ini bisa dibeli ditoko penjual perlengkapan jam.

Sekrup Pembuka Tutup Jam Ulir

  1. Obeng jarum kecil untuk melepas as ( sumbu) jam yang juga terbuat dari logam baja berkwalitas tinggi, supaya tidak cepat bengkok.
    1. obeng kecil, terbuat dari baja keras, berguna untuk membuka baut jam yang kecil- kecil.
    2. tang khusus Pemotong digunakan untuk memotong as ( sumbu ) . penarik pen rantai jam ketika kita memotong dan menyambung rantai jam.
      1. kain halus untuk melap debu dan air jika jam berembun.
      2. Alat tiup untuk mengelurkan debu dari dalam jam, jam yang onderdilnya kecil sensitif terhadap air karena itu tidak bisa ditiup jika ditiup dengan mulut sendirinya akan mengandung uap air, sehingga perlu alat tiup khusus yang tidak mengandung uap air dalam pembersihanya.
        1. alat pres penutup jam untuk jenis jam tertentu yang sagat pas ukuranya sehingga perlu alat pres untuk menutupnya, alat ini terbuat dari logam dengan mata penekan terdiri dariberbagai ukuran. Alat ini dapat dibeli ditoko penjual perlengkapan jam.
          1. dudukan pembuka jam, digunakan untuk jam yang membukanya diputar jikan jam ini sudahkaratan maka akan keras dibuka dan memerlukan dudukan pemegang untuk membuka jam.
            1. kaca pembesar, untuk melihat alat alat yang kecil seperti memasang jarum
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s