Cara Setting Jam Tangan Automatic

Setting Jam Tangan Automatic

Ada 2 tipe jam tangan automatic, jam automatic polos dan jam automatic chrono (jam kecil yang terdapat pada plat jam). Untuk jam tangan automatic polos cara settingnya tidak sulit, anda cukup setting jam itu sendiri sesuai dengan waktu setempat anda. Apabila jam tersebut mati karena tidak digunakan selama beberapa hari maka settinglah kembali seperti cara awal. Sedangkan untuk jam tangan automatic chrono perlu sedikit tips dan triknya.

E.BVL.7.BRW

Berikut ini adalah tips setting dan penggunaan jam tangan automatic chrono untuk kamu :

  1. Normalnya ada 3 tombol untuk jam tangan automatic dengan chrono : kanan atas, tengah kanan, dan kanan bawah.
  2. Kanan atas biasanya untuk mengatur chrono (jam kecil) sebelah kanan. Kanan bawah biasanya untuk mengatur chrono (jam kecil) sebelah kiri dan untuk chrono (jam kecil) tengah bawah itu biasanya bergerak sesuai dengan pergerakan jam utama, lebih tepatnya biasa kita bilang am/pm atau penunjuk siang atau malam.
  3. Tombol tengah sebelah kanan adalah tombol utama untuk mengubah settingan jam utama. Ada 2 macam biasanya ada yang langsung ditarik, dan ada juga yang musti diputer dulu ke arah bawah (system Baut) seperti Rolex Daytona, baru setelah itu ditarik.
  4. Cara setting jam utama biasanya seperti layaknya jam tangan biasa, tinggal ditarik dan diputar. Yang membuat beda itu adalah kalo jam tangan automatic usahakan untuk selalu memutar jam searah jarum jam. Kenapa? Karena system jam tangan automatic itu dibuat singkronisasi dengan satu dan lainnya, dengan kata lain sangat sensitif terhadap sekelilingnya. Kaya layaknya mobil sangat disarankan untuk selalu maju kedepan dari pada mundur.

Perawatan Jam Tangan Automatic

Nah setelah kamu tahu cara setting jam tangan automatic, tentunya kamu juga harus tahu cara perawatannya. Ada keluhan jam tangan saya suka mati-mati? Tentu saja akan mati kalo ga dipake atau ga di “cas”. Jadi dalam penggunaan jam tangan automatic, kita musti rajin untuk men “cas” dengan cara berikut ini :

  1. Gunakan Tombol Tengah (tombol kanan tengah).
  2. Putar ke arah atas sebanyak minimal 5 kali (lebih banyak lebih bagus)
  3. Untuk jam tangan seperti rolex daytona (sistem baut) harus diputar ke bawah dulu, lalu baru diputer ke atas sebanyak minimal 5 kali atau lebih. Jangan ditarik ya tombol tengahnya! Jadi posisinya pada saat kita puter keatas, posisi jarum jam utama sama sekali tidak ikut bergerak.
  4. Cara kita tahu jam tangan automatic dalam posisi dicas dengan benar, akan memiliki bunyi khas, dimana jam tersebut akan mengeluarkan suara “krek” nah artinya jam itu sudah diposisi yang benar untuk mulai mencas
  5. Kalau chrononya dipencet ga mau gerak gimana?
    • Tarik tuas tengah kanan ke posisi setting jam utama (tarik paling ujung)
    • lalu setting jam utama searah jarum jam selama 24 jam kedepan
    • setelah itu coba tekan lagi tombolnya, pasti gerak lagi
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s